Kencan Bersama ASUS ZenFone Zoom S

Saya sudah menggunakan ZenFone Zoom S selama tiga minggu lebih. ASUS memilih pendekatan berbeda pada smartphone dual-camera perdana mereka ini, dibanding OPPO, dan Huawei P9/P10. ZenFone Zoom S lebih mirip iPhone 7 Plus yang memanfaatkan dual-camera untuk zoom. ASUS memilih optical zoom, sedangkan iPhone dengan tele photo.

Cappucino

Sebagai informasi, kamera belakang ZenFone Zoom S dilengkapi dua sensor. Pertama, Sony IMX362 dengan aperture f/1.7 dan dilengkapi 4-axis OIS, dan ASUS TriTech. TriTech merupakan istilah ASUS untuk teknologi autofocus yang menggabungkan Dual Phase Detection, Laser, dan Contrast Detection.

LongTail
Long exposure

Sementara sensor untuk Zoom menggunakan Samsung 3M3 dengan focal length 59mm (setara 35mm) dan aperture f/2.6. Dengan konfigurasi semacam ini, kita bisa melakukan optical zoom hinga 2.3x. Satu catatan kecil, ASUS kini memungkinkan pengguna untuk menambahkan watermark di tiap foto ZenFone Zoom S. Kalau tak salah ingat, pionir dalam fitur ini adalah Huawei P9, kemudian diikuti juga oleh VIVO.

Cat
Foto ini diambil dengan Zoom 2.3 kali.

Upaya keras ASUS untuk menghasilkan kualitas foto yang bagus di ZenFone Zoom S patut dihargai. Walaupun, sayangnya, fitur OIS tidak turut disematkan di lensa zoom. Akibatnya, saat kita melakukan zoom, foto akan terasa goyang. Tapi, hasilnya masih cukup bagus jika pencahayaannya mencukupi. Foto di dalam ruangan terlihat sedikit noise karena aperture sensor zoom tidak sebesar di kamera utama.

Couples
Hasil foto kamera depan di siang hari

Tren smartphone dengan dual-camera tampaknya masih akan berlanjut hingga akhir tahun nanti. Kita tahu, Huawei memilih memakai sensor monokrom, LG dan OPPO memilih wide-angle. Pilihan ASUS pada optical zoom, sembari memperbaiki kamera utama dengan aperture lebar sudah cukup membuat mereka berbeda dan menarik.

Oh ya, menciptakan efek bokeh juga cukup mudah. Anda bisa mengakses fitur Portrait di menu Camera.

Portrait
Fitur Portrait untuk menciptakan efek bokeh
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s