Sudah 11 Ribu Km, Saatnya Servis Besar Vespa

Kapan waktu ideal untuk mengganti CVT Belt Vespa?

Sekitar akhir Januari lalu, saya servis CVT ke bengkel Scooter House Djakarta di Kemang, Jakarta Selatan. Saat itulah, bang mekanik mengabarkan bahwa CVT Belt Vespa Sprint 3V i.e yang saya pakai sudah retak-retak.

“Servis berikutnya ganti ya bang. Udah retak-retak, takutnya putus,” katanya.

“Berapa duit bang ya kalau ganti,” kata saya.

“450,” katanya lagi.

Lumayan mahal juga sih. Apalagi, saya baru memakai vespa ini dalam waktu setahun lebih dikit. Kalau dilihat, jarak yang sudah ditempuhnya sudah lebih dari 11 ribu kilometer.

Karena informasi dari mekanik tersebut, saya jadi lebih hati-hati mengendarai vespa. Soalnya, khawatir putus di jalan. Kebayang kan, gimana rasanya ndorong vespa? Hehehe.

Sembari menunggu gajian, saya iseng-iseng mencari informasi mengenai waktu yang tepat mengganti CVT Belt vespa, dan apa kelebihan dan kekurangan CVT Belt standar pabrik atau pihak ketiga semacam Malossi?

Dari berbagai informasi yang saya baca, kemudian mengecek buku panduan manual, pengguna memang disarankan mengganti belt tiap 10 ribu kilometer. Demikian juga dengan filter oli dan filter udara. Di beberapa forum, banyak juga pengguna yang mengganti belt sepaket dengan roller. Intinya sih, bakal banyak pengeluaran, hehehe.

Untuk cari aman, sepertinya saya akan servis besar di bengkel resmi Vespa di Depok. Karena cuma satu-satunya, hari terbaik ke bengkel ini adalah hari kerja agar masih dapat tempat.

Update:
Hari ini akhirnya ke bengkel Vespa Depok.

image

Faktr
Biaya Servis Besar Vespa

Sesudah berkonsultasi dengan mekanik, akhirnya inilah komponen yang harus diganti karena sudah saatnya. Total biaya, Rp794.550. Tak apalah, yang penting, vespanya siap diajak jalan-jalan lagi. Yuhuuuu

 

Advertisements

One thought on “Sudah 11 Ribu Km, Saatnya Servis Besar Vespa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s