Berhenti nge-blog di UC News

 

Rekan-rekan, mulai hari ini, saya memutuskan untuk berhenti menulis di layanan WeMedia UC News, sesudah hampir setahun lebih rutin berbagi cerita di sana. Tak ada alasan khusus, kecuali faktor kesibukan yang kian meningkat sehingga mengharuskan saya untuk memilih. Karena pertimbangan satu dan lain hal, saya memutuskan untuk konsisten mengelola blog pribadi saya sendiri, baik di sini maupun di medium.

Saya termasuk angkatan pertama dan pernah dijadikan sebagai bahan promosi oleh UC News untuk menggaet penulis-penulis (mereka menyebutnya kontributor) baru ke Pekanbaru. Ketika itu, mereka mengisi acara festival media yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Saat saya mendaftar, WeMedia masih bayi yang belum memiliki sistem editing dan filtering serumit (dan nyebelin banget hehe) sekarang. Mereka juga belum mengaktifkan layanan monetizing. Sekarang, mereka punya buanyak banget kontributor, termasuk sejumlah nama terkenal (yang agaknya dibayar).

Sebagai kontributor ala-ala, saya cukup senang pernah mendapat maskot berlian, kasta tertinggi di platform ini. Sebagai pemegang predikat penulis berlian, saya berhak mendapatkan sejumlah “keuntungan” tambahan. Saya juga pernah mendapat predikat penulis paling berpengaruh.

Tapi, jangan bayangkan keuntungan itu berarti saya sudah menambang duit berjuta-juta ya. Terus terang, saya tak pernah menerima sepeser pun dari mereka. Karena memang motivasi awalnya iseng-iseng saja sembari mengisi waktu. Namun, karena belakangan hal-hal yang saya tulis kian serius dan kadang butuh riset, saya kira keuntungan jadi lebih banyak di mereka ketimbang saya.

So, cukup sekianlah penjelasan enggak pentingnya. Thank you.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s