Saya akan meluncurkan tek.id

Saya sudah dengan ribet memberikan pengantar ihwal proyek yang sedang saya kerjakan. Melalui artikel ini, saya mengumumkan kepada teman-teman semua bahwa saya akan melucurkan tek.id pada bulan Agustus mendatang.

Tek.id adalah portal berita teknologi, gadget, budaya digital, tren terbaru yang dilengkapi dengan analisis dan komentar yang bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya orang. Topik yang dibahas situs ini kami klasifikasi secara sederhana menjadi: tek, gadget, review, culture, future, insight, dan tektalk.

Tek berisi berita terbaru dengan bermacam tema di luar perangkat dan aksesorinya. Misalnya: operator telekomunikasi, regulasi, bisnis, atau peristiwa-peristiwa unik dan penting diketahui khalayak. Anda pasti sudah tahu mengenai gadget dan review jadi saya tak akan menjelaskannya.

Sementara culture berisi artikel mengenai budaya pop, dari film, buku, komik, sampai segala macam hal baru yang muncul di sekitar kita akibat perkembangan teknologi.

Future akan secara khusus membahas perkembangan teknologi mutakhir yang akan berdampak pada kehidupan kita di masa depan dalam waktu yang tak terlampau jauh. Misalnya, sejauh mana IoT dan VR/AR akan mempengaruhi kondisi di sekitar kita, atau sejauh mana smart city bisa diterapkan di Indonesia.

Insight secara khusus menyajikan analisis yang bisa dijadikan salah satu panduan untuk mengambil keputusan bagi pelaku bisnis, atau sekadar membantu masyarakat untuk memahami suatu fenomena di sekitar mereka. Kami memanfaatkan big data berbasis natural language processing dan artificial intelligence guna menganalisis isu pemberitaan media dan media sosial. Anda bisa melihat contohnya di sini atau di sini.

Sementara tektalk berisi ringkasan perbincangan insightful kami dengan tokoh atau pelaku industri teknologi, baik skala micro, kecil, menengah, maupun besar. Kami berharap ruang ini bisa memberikan inspirasi bagi pembaca.

Bagaimana dengan komponen dan hardware? Oke, saya mengerti. Barangkali ada di antara Anda yang sudah mengikuti perjalanan saya sejak di CHIP Indonesia dan Metrotvnews.com. Jawabannya, yes, kami akan membangun lab pengujian produk untuk mengulas hardware. Kami menyambut dengan tangan terbuka jika ada teman-teman vendor yang berminat mendukung pembentukan lab ini.

Secara pribadi, saya berharap kehadiran tek.id akan membuat media teknologi di Indonesia semakin kaya. Saya masih optimistis melihat industri media, walaupun almamater yang sangat saya banggakan, CHIP Indonesia sudah tutup sejak awal tahun 2017. Sebab, pada saat bersamaan, juga lahir media-media baru yang beberapa di antaranya didirikan oleh teman-teman saya juga yang pernah bekerja di sana. Atau beberapa media digital baru yang didirikan sesama rekan jurnalis teknologi di media lain.

Saya tak ingin mendedikasikan tek.id kepada kelompok umur tertentu. Yang jelas, di tahap awal, fokus utama kami adalah kepada mereka yang berusia 18-40 tahun, tanpa melupakan pembaca yang lebih mapan dan membutuhkan konten korporat, misalnya.

Jadi, kapan peluncurannya? Sabar ya, saya juga sangat antusias terhadap proyek ini. Seperti Anda!

Advertisements

2 thoughts on “Saya akan meluncurkan tek.id

  1. Keren!!!!! Mari bahu membahu berkontribusi memajukan industri teknologi di Indonesia mz. Ditunggu undangan launchingnya Tek.id
    Btw, Tek.id berarti masih saudara dengan DNA ya?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s